aglocoptr.com

Tuesday 16 September 2014

Perjalanan John Vessely menuju Secondhand Serenade

    
 John Vesely




    Jika kalian pernah mendengar Band Secondhand Serenade, Lagu yang pertama kali muncul difikiran kalian pasti Fall For You ,Your Call , atau  Awake , ya Secondhand Serenade Meledak di Indonesia dengan Single Single dari Album Awake tersebut . Lagu Fall For You misalnya, Orang yang pertama mendengar lagu ini pasti menyebutkan lagu ini enak didengar (meski gak ngerti artinya hehe) Mengapa demikian? Karena di lagu ini terlihat jelas karakter suara dari John Vesely ,dengan suaranya yang khas dan unik,sekaligus sang pencipta secondhand serenade .
Nah lo, Kok pencipta? Ya , John Vesely adalah pencetus,pencipta,serta nyawa dari Secondhand Serenade ini sendiri. Bagaimana tidak, Sebenarnya Secondhand Serenade bukanlah sebuah Group Band , Melainkan Soloist.

        Vesely kecil suka banget bermain musik . Sebagai anak seorang musisi Jazz profesional selama 20 tahun, Masuk ke dunia musik adalah biasa bagi Vesely .
Ketika Vesely berumur 12 tahun, Vesely bersama teman temanya, Kylle Camarilo, Collin Camarilo membuat musical project bernama SKANKIN WEDGIES, ini adalah first musical project bagi Vesely . Di band dengan aliran Ska ini Vesely kecil mengenal Bass . Kyle dan Vesely mulai menciptakan lagu dengan bantuin orang tua Kyle, Vesely, dan Collin . Mereka berlatih di Garasi, dan mereka mempunyai prinsip, memainkan musik bukanlah untuk mencari uang, melainkan untuk menghibur orang orang diluar sana .

        Skankin Wedgies tidak berlangsung lama, mereka memutuskan untuk sendiri , Di sini Vesely mulai bergabung dengan band band lokal sebagai bass player selama 8 tahun hingga akhirnya Vesely bertemu dengan Ronnie day . Mereka membentuk Band dengan nama SOUNDS LIKE LIFE . Vesely serius menekuni band ini , Mereka menciptakan beberapa lagu diantaranya Heroes Die, Slow Down, dan salah satunya "Broken" lagu yang akhirnya dimasukan dalam album Awake . Kemudian mereka memutuskan untuk bubar dan mengambil jalan mereka sendiri sendiri, Ronnie Day Memilih jalurnya dengan bermain Solo, Sedangkan Vesely memulai Accoustic Projectnya .

Asal mula nama SECONDHAND SERENADE




          Pada Tahun 2005, John mulai menulis lagu sendiri ketika merayu Candice Vesely , Istrinya .
John memutuskan untuk menggunakan nama Secondhand Serenade, berasal dari kata 'serenade' yang berarti musik rayuan, yang saat itu ia sering nyanyikan untuk istrinya Candice.

        Tapi akhirnya mereka bercerai di tahun 2018 , saat itulah Vesely menciptakan album " A Twist In My Story , dan di album itu mengisahkan betapa hancurnya hati Vesely .

Candice Vesely
         Saat ditanya “Why Secondhand Serenade” Why not just John”, dia berkata “Its not about me, but its all about music”. Dan akhirnya John Vesely memproduce album Awake dengan budgetnya sendiri dan disupport oleh orang tuanya. John mulai membuat akun myspace dan mengupload lagu lagu yang Ia buat, Vulnerable dan Maybe. lagu karya Vesely mendapat respon baik disini, banyak dari pengguna myspace yang mendengarkan lagu Vesely, hingga akhirnya Vesely memiliki 3000 teman di myspacenya. Lagu lagu Vesely dipromosikan lewat myspace dan orang orang mengorder lagu tsb lewat paypal . Hingga akhirnya Chris Maltese menemukan lagu lagu Vesely di myspace dan mulai tertarik dengan lagu Vesely tsb. Mereka pun bertemu dan membicarakan tentang project accoustic Vesely .Chris berencana untuk menjadi manager Vesely .



         John juga produce merchandise dengan budgetnya sendiri. Dan kemudian, John mulai show di beberapa kota dibantu dengan Chris Maltese. Chris Maltese yang menjadi manager Secondhand Serenade menghubungi Daniel Glass yang sedang membangun perusahaan rekaman agar lebih besar. Chris Maltese mengirim email kepada Daniel Glass. Email itu adalah online love story email yang belum pernah didengar & dibuat. Dan Chris juga mengirim lagu Vulnerable dan Maybe untuk diperdengarkan ke Daniel Glass & mengundang Daniel utk datang ke show Secondhand Serenade.
Pada saat show, Chris membantu John untuk menjual CD dan Merchandise kepada fans-fans Secondhand Serenade. Daniel melihat show John dan dia excited dengan musik John dan interaksi John dengan penonton/fans. Chris memberikan Daniel CD dan merchandise scra free dan Daniel berkata “No, no, take my money.” Dia sangat menghargai kerja keras John. Setelah Chris mengenalkan John kepada Daniel & mereka chit-chat sebentar. Daniel Glass berkata “Kita harus kerja sama”. Daniel pulang dengan senyum puas. Sebulan kemudian, Daniel mengontak John dan dia berkata akan datang ke rumah John.

         John menjemput Daniel di bandara. Selama menunggu pesawat Daniel yang akan landing, dia membuat lagu untuk Daniel Glass. Di rumah John, Daniel merasa sangat nyaman. Rumah John penuh cinta dgn kelucuan anak-anak John dengan diapersnya. “It was a great day we ever had”, kata Daniel Glass saat chillin di rumah John dan membicarakan tentang kontrak mereka. Daniel Glass bilang “we should married our project John, you need me and i need you”. Dan Daniel Glass mengontrak John Vesely untuk menjadi artis Glassnote Records.

        John rekaman dan menghasilkan 8 great songs, not good songs, but GREAT SONGS untuk album A Twist In My Story. Recording pertama adalah lagu “Broken”. John sangat menyukai lagu ini. “Its really a good song. I really like it” - John Vesely. Lagu ini selalu ada di setlist Secondhand Serenade. Dan akhirnya Awake diproduksi kembali dengan label Glassnote Records.

No comments:

Post a Comment

Jangan menjadi "silent reader" yang hanya membaca tanpa memberi komentar